Tips: Red Wine & Teh Dapat Membantu Diabetik
Riset University of Massachusettes Amherst menemukan, antioksidan di dalam red wine dan teh dapat membantu mengatur gula darah pada diabetik. Caranya dengan menghambat aksi alpha-glucosidase yang memperlambat absorpsi glukosa dari usus halus. Hasil studi diterbitkan dalam Journal of Food Biochemistry.
Kadar gula darah, atau glukosa darah naik banyak pada diabetes tipe 2 segera sesudah makan. Red wine dan teh mengandung antioksidan alamiah yang dapat memperlambat perjalanan glukosa di dalam usus halus dan akhirnya masuk ke dalam aliran darah dan mencegah lonjakan, salah satu langkah penting untuk mengelola penyakit ini.
Red wine dapat mencegah enzim ini hampir 100% dan white wine hanya sekitar 20%. Tim menguji 4 jenis teh: teh hitam, teh oolong (sejenis teh Tionghoa), teh hijau dan teh putih. Hasilnya ditemukan, ekstrak teh hitam mempunyai khasiat tertinggi dalam mencegah aktivitas alpha-glucosidase. Diikuti teh putih dan teh oolong.
.::Media Wanita AURA, edisi 12/Th.XII::.


